Saturday, March 7, 2015

Budaya Cium Tangan di Indonesia, dan Dampaknya pada Kesehatan

 Indonesia memang kaya akan budaya dan tradisinya, dan jika kita berbicara soal tradisi, meskipun suku-suku di Indonesia memiliki perbedaan adat istiadat dan budaya tapi ada satu tradisi yang hampir semua suku menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu tradisi mencium tangan orang yang lebih tua. Di negeri barat juga ada tradisi cium tangan tapi cium tangan seorang laki-laki kepada seorang wanita sebagai bentuk penghormatan kepada kaum hawa.

Mengenai tradisi ini, bagaimana ya pandangan medis mengenai hal ini. Tradisi ini bagus atau tidak ya?


Ok, kita cari dulu!
Normalnya permukaan tubuh (termasuk usus, paru-paru, dan kulit) selalu behubungan dengan dunia mikroorganisme. Karena hanya terdapat di permukaan, tidak banyak pengaruhnya. Tangan kita adalah bagian dari tubuh kita yang mempunyai flora normal -kuman yang hidup berdampingan dengan kita- ini tidak akan menyebabkan penyakit jika jumlahnya tidak begitu berarti untuk menyebabkan penyakit, namun dapat berbahaya jika jumlahnya meningkat di atas normal. Bahkan,  jika masuk ke dalam jaringan, maka akan berhadapan dengan mekanisme pertahanan tubuh. Bakteri normal atau flora normal ini dapat dicegah pertumbuhannya dengan cara menjaga kebersihan tangan secara rutin. 

Flora normal ini dapat kita dapatkan dengan cara kontak langsung antar kulit ke kulit.

Jika mikroorganisme ini dapat ditularkan dengan cara kontak langsung, maka tradisi cium tangan di kalangan orang Indonesia berarti kurang sehat dong. Kadang seorang guru atau bisa saja orang awam seperti kita menemui hal yang unik dari pengalaman kita. Guru misalnya, anak-anak menghormati gurunya dengan cara mencium tangan gurunya, tapi kadang muridnya tidak dalam kondisi sehat, ingusan, hidung meler, flu, dan lain sebaginya, dan begitu juga gurunya. Nah dari hal ini berarti kumannya bisa tertular dong. BENAR!

Terus bagaimana caranya untuk mencegah penyakit ini?

Cuci tangan adalah salah satu solusi untuk mengurangi penularan penyakit ini. SETUJU! Karena dengan cuci tangan kuman-kuman yang jumlahnya ratusan ribu di tangan kita bisa dikurangi dan pastinya penyakit juga bisa kita cegah.
                                                                                                                                                                                   

No comments:

Post a Comment