Sunday, March 8, 2015

Mie Instant di Dunia Anak Kos dan Kacamata Kesehatan

Ya, mie instant adalah penyelamat bagi anak kos yang sedang menempuh pendidikan di negara antah berantah, keluar kota kelahiran. Disamping murah, mie instan juga sangat mudah dalam penyajiannya, mudah dalam makannya, dan rasanya pun beragam. Bahkan bisa jadi jadwal makanan, senin rasa kare, selasa rasa soto, rabu rasa baso, . . . dan semuanya dalam bentuk mie instant. Bahkan mie instan juga dijual di semua negara. Hebat sekali ya?

Tidak bisa dipungkiri memang mie instan ini dalam hidup kita. Tapi bagaimana ya akibatnya kalau hidup kita sering makan mie instan aja? Kita akan teliti akibatnya pada tubuh kita.

Mie instan terdiri dari mie, bumbu, minyak, dan sterofoam. Jadi apa aja ya bahayanya? Kita mulai dari mie itu tersendiri, mie bentuknya keriting dan kering. Berdasarkan hal ini maka mie sebenarnya tidak perlu bahan pengawet atau yang jadi rumor orang bahwa mie mengandung lilin, tapi sebenarnya tidak ko, dikarenakan mie ini kering maka mie tidak ideal untuk pertumbuhan bakteri, jadi tanpa pengawet pun mie ini sudah mempunyai pengawet alami. Hal ini sama dengan ikan asin yang kering dan asin.

Kemudian minyak dan bumbunya, nah minyak dan bumbunya ini adalah sumbernya pengawet, di dalam bumbu ini ada beberapa sayuran, bawang, sawi, dan lainya. Nah artinya bumbu mengandung pengawet. Dan juga bumbu mie instan ini mengandung perasa buatan, kemudian juga garamnya cenderung terlalu asin, bikin kerucut bibir sih sebenarnya. 

Satu lagi, kemasan styrofoam di mie instan, styrofoam ini sangat berbahaya bagi kesehatan , berbagai penyakit bisa hinggap di tubuh kita jika zat ini –Benzene- terakumulasi di tubuh kita. Penyakit seperti anemia, menurunnya kekebalan tubuh, susah tidur, gelisah, mudah lelah, gangguan kalenjar tiroid, percepatan detak jantung, badan gemetar, kanker payudara, kanker prostat, tumor, siklus menstruasi yang kacau, gangguan pada kehamilan, hilang kesadaran,dan kematian.

Terus bagaimana ya solusinya kalau mau makan mie ini? Ternyata gampang ko, begini caranya:

  1. Masak sesuai dengan aturan yang benar, biasanya di bungkus mie instant ada tata cara memasaknya, jadi jangan makan dengan mentah, dengan hal aneh lainnya.
  2. Usahakan menggunakan bumbu yang minimal, kerena pengawet yang paling banyak ada di bumbunya.
  3. Dan yang terakhir bisa kita menambahkan sayur-sayuran di mie instan, jika banyak serat yang kita konsumsi, maka racun-racun yang ada dalam mie instan diharapkan akan terbawa dan dibuang dari tubuh.

No comments:

Post a Comment