Wednesday, March 18, 2015

Minuman Soda Berbahaya

Minuman bersoda sudah merajalela di lingkungan kita, banyak bahaya dari mengkonsumsi minuman bersoda seperti: agresi dan distraksi diantara anak-anak, menstruasi dini, dan kanker endometrium. Semua ini tergantung kepada kita bagaimana menyikapi hal ini. Berikut penjelasan kenapa minuman bersoda berbahaya.


Minimuan bersoda meningkatkan produksi lemak di perut dan hal ini akan memicu penyakit jantung dan pembuluh darah, dan sindrom metablik, dipublikasikan oleh Journal of American Geriatric Society.

Riset menemukan bahwa lebih dari 3 dekade yang lalu, konsumsi dari makanan manis dan soda telah meningkat, hal ini meningkatkan angka obesitas. 

 Periset telah menganalisa data dari San Antonio Longitudinal Study of Aging

Bagian San Antonio Longitudinal Study of  Aging (SALSA), 749 orang Meksiko dan Amerika Eropa yang berumur 65 tahun atau lebih direkrui antara tahun1992 dan 1996. Konsumsi soda merea, lingkar perut, tinggi dan berat badan, semuannya diukur pada awal penelitian dan pemeriksaan rutin pada tahun 2001-01, 2001-03 dan 2003-04.

Dari analisa data SALSA, Fowloer dan Koleganya menemukan bahwa dari setiap interval pemeriksaan rutin rata-rata lingkar perut dari diet soda hampir tiga kali lebih besar dari pasangan mereka yang tidak meminum minuman bersoda.

Pengaturan untuk faktor perancu, tim menemukan bahwa lebih dari 9,4 total saat periode pemeriksaan rutin, lingkar perut orang yang meminum minuman bersoda meningkat 0,77 cm dibandingakan orang yang tidak meminum minuman bersoda, 1,76 cm bagi orang yang sering minum minuman bersoda dan 4,04 cm untuk orang yang meminum minuman bersoda setiap hari.
   
Artinya adalah:
  • 0.80 inchi bagi yang bukan peminum soda
  • 1.83 inchi bagi yang kadan minum
  • 3.16 inchi bagi yang minum setiap hari.
Kesimpulannya adalah semakin sering seseorang meminum minuman bersoda, maka lingkar pinggang akan juga semakin meningkat. Perut yang besar adalah akar dari masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kurangi minum minuman bersoda agar kesehatan kita tetap terjaga!




No comments:

Post a Comment