Monday, March 16, 2015

Kurang Tidur dan Darah Tinggi

Semakin sulit tidur pada malam hari maka akan meningkatkan tekanan darah tinggi.

Ini adalah studi yang ditemukan di Mayo Clinic yang telah dipresentasikan di ulang tahun Scientific Session of the American College of Cardiology di San Diego.
The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa tidak cukup tidur adalah penyakit epidemik. Kurang tidur dikaitkan dengan kecelakaan, gangguan pekerjaan, dan lainnya.


 Orang dengan kurang tidur beresiko mengidap penyakit kronis seperti darah tinggi, diabetes, obesitas, dan depresi, timbah lagi kanker, kematian dini dan menurunnya kualitas hidup dan produktifitas.

Tim peneliti Mayo Clinic memeriksa 8 orang dengan berat badan normal, umur 19-36 tahun, dalam 16 hari percobaan. 4 hari pertama adaah periode aklimasi. Kemudian dilanjutkan 9 hari dari pengurangan tidur (4 jam waktu tidur pada malam hari) atau tidur normal (9 jam pada malam hari), dan 3 hari untuk penyembuhan.

Hasilnya menunjukan bahwa pada waktu malam hari, rata-rata tekanan darah yang jam tidur malamnya dikurangi dan yang jam tidurnya tidak dikurangi adalah 115/64 mmHg dan 105/57 mmHg.

Secara normal, salah satu ekspektasi tekanan darah adalah tidur pada malam hari, namun penemu menemukan bahwa ini bukanlah kasus selama pengurangan tidur.

Para penemu juga menemukan bahwa waktu malam hari denyut jantung lebih tinggi pada peserta yang tidurnya dikurangi dibandingkan mereka yang tidak.

Kita betul paham bahwa tekanan darah tinggi pada saat malam hari adalah faktor mayor dari penyakit jantung, dan kebanyakan dari kita jarang cukup tidurnya dikarenakan banyak pekerjaan dan lain sebagainya.

Untuk mengurangi kurang tidur, berikut tips-tipsnya:
  1. Matikan lampu 1 jam sebelumnya
  2. Buat tempat tidur anda menenangkan, ralaks, dan tanpa ada gangguan
  3. Jika menggunakan AC bisa atur kesejukannya.
  4. Gunakan matras dan bantal yang nyaman
  5. Minimalkan keributan
  6. Matikan peralatan elektronik selama tidur.
Perilaku yang lainnya yang mampu meningkatkan kuaitas tidur adalah mempunyai jam tidur dan bangun secara rutin, hindari kofi dan alkohol, dan juga nikotin.

No comments:

Post a Comment