Saturday, March 14, 2015

Miliaran Orang Terancam Kehilangan Pendengaran

Menurut WHO, miliaran remaja dan orang dewasa beresiko kehilangan pendengaran. Hanya dengan mendengar musik terlalu keras, kita mungkin merasa musik yang diputar tidak terlalu keras, ini normal menurut kita. Kita sering menemui musik yang keras di konser dan musik olah raga, kita secara permanen akan merusak telinga kita.


Di negara maju WHO menemukan 50% partisipant yang diteliti mendengarkan suara yang tidak aman di mp3 atau alat pemutar musik dan 40% terekspos dengan suara yang merusak, musik dan konser.
Tanpa perlu waktu yang lama untuk merusak pendengaran kita di tempat olah raga, konser, atau diskotik. Menurut WHO lagi, terekspose suara berisik 100 dB akan aman jika mendengarkannya hanya 15 menit.

Ketika kita kehilangan pendengaran, kita tidak akan mendapatkannya kembali. Penyanyi bahkan ada yang sudah mendapatkan gangguan pendengaran, seperti Chris Martin, Band Cold Play. Mereka mengalami gangguan pendengaran seperti tinitus, kehilangan pendengaran yang disebabkan oleh suara menginging di telinga, kerena mereka tidak melindungi pendengarannya.

Jika hal ini terjadi kerena mendengarkan musik yang keras di handphone sebagai contohnya, menurut WHO, tingkatan tidak aman dari suara yang bisa kita toleransi adalah  85 dB selama 8 jam, dan hanya 15 menit untuk 100 dB. 85 dB seperti suara hiruk pikuk jalan raya yang terdengar dari dalam mobil, bisa membayangkannya kebisingannya
?

Memang benar bahwa kehilangan pendengaran ada yang bisa dicegah dan yang tidak bisa dicegah. Yang tidak bisa dicegah adalah kehilangan pendengaran yang disebabkan oleh keturunan, genetik, dan gangguan saat proses kelahiran dan perkembangan, infeksi, dan penuaan.

Kehilangan pendengaran yang bisa dicegah adalah yang disebabkan oleh suara bising yang bisa kita hindari, musik yang terlalu keras bisa kita minimalisir, dan cara mencegahnyapun sangat mudah.

Ini adalah caranya:
  1. Kecilkan suara musik, jangan sampai melebihi 60%
  2. Gunakan peredam suara seperti headphone
  3. Istirahatkan telinga 1 jam saja selama sehari
  4. Pengguna smartphone bisa mendownload aplikasi yang bermanfaat untuk memonitor tingkat kebisingan.
  5. Dan yang terakhir adalah gunakan peredam suara bising jika ingin mengunjungi konser musik.

No comments:

Post a Comment