Thursday, March 12, 2015

Kenapa Rasulullah Menyuruh Menumbuhkan Jenggot

Kebanyakan pria hanya menumbuhkan jenggotnya agar terlihat maskulin, tapi sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan dibalik hal tersebut. Ada sebuah hadist tentang hal ini, Nabi SAW melarang seseorang mencukur janggutnya,  pada suatu ketika dua orang utusan Raja Kisra datang menghadap Rasullullah SAW, sedangkan jenggot mereka dicukur bersih dan kumis mereka panjang-panjang.

Nabi SAW tak memandang keduanya dan bersabda, "Celakalah kalian berdua, siapakah yang menyuruh kalian berbuat seperti ini?" Mereka menjawab "Tuhan kami Raja Kisra memerintahkan Kami" Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Tetapi Tuhanku memerintahkanku agar menumbuhkan jenggot dan menggunting kumisku." (Bidayah wan-Nihayah jilid IV/269, Hayatus Shahabah jilid I/45)
  
Dari sini kita akan lihat apa manfaat menumbuhkan jenggot, jadi tumbuhkanlah jenggot dan berhenti bercukur!

Mencegah Kanker kulit
Matahari mempunyai sinar ultra violet (UV) yang sangat berbahaya pada kulit dan menyebabkan kanker kulit, memang kulit kita selalu tertutup oleh pakaian, tapi bagaimana dengan wajah kita? pasti terekspos kan? Kecuali jika kamu selalu memakai topeng, hohoh. Jenggot bisa melindungi wajah kita dari sinar ultraviolet yang berbahaya, janggut menutupi hampir dari separuh wajah kita, jadi sangat bermanfaat kan?

Mencegah Alergi
Sama halnya dengan bulu hidung yang menyaring partikel kecil masuk ke dalam hidung, jenggot juga bisa melindungi dari partikel-partikel yang masuk ke dalam mulut.

Memuluskan Kulit
Bayangkan jika kita setiap hari mencukur jenggot kita, apa yang akan terjadi dengan kulit? Ini akan membuat kulit jadi kasar, namun berbeda jika kita biarkan jenggot tumbuh, kulit akan tetap  lembut.

Mempertahankan Kelembaban Kulit
Jika pada musim dingin, kulit yang sering terekspos pada udara dingin akan menjadi kering. Dengan ada jenggot hal ini dapat dicegah kerena jenggot sebagai pelindung dari udara dingin.

Tetap Terlihat Muda
Pandangan orang bahwa jika menumbuhkan jenggot akan terlihat tua, namun sebenarnya tidak demikan, kulit yang terlindung oleh jenggot akan selalu tetap muda kerena terlindung dari sinar matahari yang merusak.

Mencegah Infeksi
Jika sering bercukur, maka kulit akan terluka dan terbuka, dan ini bisa jadi terjadi infeksi. Namun dengan membiarkan jenggot tetap tumbuh, hal ini bisa diminimalisir.

Mencegah Penyakit
Jenggot bisa mencegah penyakit, sebagai contoh adalah penyakit flu dan batuk, dengan adanya jenggot, area leher dan wajah akan tetap hangat saat musim dingin tiba.

Ingat Tetap Selalu Jaga Kebersihan Jenggot
Dari semua manfaat tersebut, maka tetaplah pelihara kebersihan jenggot, pastikan selalu membersihannya setiap hari seperti membersihkan rambut kita.
  

No comments:

Post a Comment