Monday, March 9, 2015

Smartphone Berdampak pada Tulang Belakang

http://penulispro.com/wp-content/uploads/2014/11/ilustrasi5.jpg 
Di era teknologi sekarang ini sudah menjadi hal yang umum bahwa smartphone merajalela di pasaran masyarakat. Prilaku kita juga sedikit berubah kerena smartphone ini, yaitu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Setuju?

Namun ada keterkaitan smartphone dengan kesehatan tulang belakang. Tulang belakang kita terus ditekan oleh postur yang kurang baik dalam menggunakan smartphone. Mungkin anda sering mengalami sakit di leher, di punggung atau di tulang belakang anda? Kemungkinan itu adalah salah satu tandanya. Itu adalah dampak negatif smartphone.


Beban kepala orang dewasa adalah 4,5 - 5 kg, bisa di bayangkan bukan bagimana tertekannya tulang belakang kita untuk memopong berat kepala kita jika posisi atau postur tubuh kita kurang baik.

Nah solusinya bagimana? Kalau kita meninggalkan smartphone dalam hidup kita, tidak mungkin kan. Jadi solusinya adalah perbaiki postur saat menggunakan smartphone. Postur yang baik adalah sebagai berikut. 
  1. Telinga dan bahu sejajar
  2. Naikan posisi smartphone agar menhindari kepala menunduk
Demikian cara yang paling sederhana untuk mencegah dan memperbaiki postur tubuh dalam menggunakan smartphone. Kita dapat mempraktekannya sekarang juga agar tulang belakang kita menjadi sehat. 

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment